Apa Itu Metrik Bisnis? 35 Metrik yang Perlu Dilacak Bisnis
Perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas mereka dalam tiga cara:menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk biaya tertentu, menghasilkan pendapatan yang sama dengan biaya yang lebih rendah atau keduanya. Semua metode memerlukan pengukuran dan pelacakan kinerja operasional dengan cermat — dan itu tidak dapat dilakukan tanpa metrik bisnis.
Metrik bisnis yang tepat tidak hanya akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis, tetapi juga akan mengidentifikasi area yang memenuhi (atau melebihi) harapan sambil menunjukkan dengan tepat hal-hal yang kurang. Ini semua tentang mengalokasikan sumber daya Anda dengan bijak dan strategis.
Apa Itu Metrik Bisnis?
Metrik bisnis adalah ukuran terukur yang digunakan untuk melacak proses bisnis untuk menilai tingkat kinerja bisnis Anda. Ada ratusan metrik ini karena ada begitu banyak jenis bisnis yang berbeda, dengan banyak proses yang berbeda.
Umumnya, masing-masing divisi atau departemen dalam sebuah perusahaan, seperti manufaktur, pemasaran dan penjualan, bertanggung jawab untuk memantau metrik yang melacak kinerja bagian bisnis mereka. Eksekutif senior melacak metrik yang lebih umum. CFO, misalnya, melacak penghasilan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA), ukuran universal dari profitabilitas, dan metrik yang dimasukkan ke dalamnya, seperti penjualan bersih, biaya operasi dan laba operasi. Dasbor CFO yang digambarkan di bawah ini memberikan pandangan tingkat tinggi tentang kinerja keuangan perusahaan.
COO sebuah perusahaan manufaktur, sementara itu, mungkin ingin melacak tingkat pesanan yang sempurna, indikator kinerja utama (KPI) untuk mengukur kinerja operasi gudang. CEO cenderung memantau dengan cermat hanya beberapa metrik ringkasan yang diambil dari dasbor masing-masing bawahan langsung mereka.
Takeaways Kunci
- Melacak metrik bisnis yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
- Dengan begitu banyak kemungkinan metrik bisnis, penting untuk memilih yang paling penting bagi bisnis Anda.
- Setiap bisnis harus melacak kinerjanya dalam penjualan, pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia (SDM) untuk mengetahui bagaimana kinerjanya dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan kinerja.
Manfaat Melacak Metrik Bisnis
Melacak metrik yang paling penting bagi bisnis Anda — dan mengelola operasi berdasarkan hasil — memaksimalkan peluang keberhasilan bisnis. Sesederhana itu. Dan itu sulit. Kata kuncinya di sini adalah “penting.” Misalnya, profesional pencarian eksekutif mungkin melacak berapa banyak kandidat yang mereka bawa ke klien. Tetapi yang penting bagi klien adalah kecepatan pengisian posisi dan kualitas kandidat; itu adalah metrik penting untuk diukur dan dilacak.
Berikut adalah enam manfaat utama dari pelacakan metrik bisnis yang penting:
-
Peningkatan performa: Melacak metrik bisnis yang tepat memberi tahu Anda seberapa baik atau buruk kinerja bisnis dan memberikan arahan tentang cara meningkatkan operasi.
-
Analisis perbandingan: Melacak metrik bisnis mengungkapkan apakah bisnis tersebut berkinerja lebih baik atau lebih buruk pada tolok ukur industri utama.
-
Penyelarasan: Metrik bisnis dapat digunakan untuk memastikan seluruh perusahaan bekerja menuju tujuan organisasi bersama.
-
Kepatuhan: Mandat untuk melacak metrik bisnis tertentu dari pemerintah dan badan pengatur lainnya mengharuskan perusahaan untuk memantaunya agar tetap mematuhinya.
-
Komunikasi: Melaporkan metrik bisnis adalah alat komunikasi penting bagi pelanggan, pemegang saham, karyawan atau masyarakat pada umumnya.
-
Mengidentifikasi masalah: Menganalisis metrik bisnis dapat membantu mengidentifikasi masalah yang muncul pada waktunya untuk memperbaikinya sebelum menjadi masalah utama.
Metrik Bisnis Apa yang Harus Anda Gunakan?
Ini adalah pertanyaan penting karena ada begitu banyak metrik bisnis yang dapat dipilih. Dengan tidak adanya kejelasan seputar tujuan bisnis, beberapa organisasi dapat menjadi "gila metrik" dan mencoba memantau terlalu banyak hal. Meskipun setiap bisnis berbeda dan, karena itu, metrik yang penting berbeda untuk masing-masing, empat pertanyaan ini dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengidentifikasi apa yang paling penting bagi bisnis apa pun:
- Apakah metrik secara langsung relevan dengan kinerja bisnis?
- Apakah ini membantu memprediksi kinerja masa depan dengan cara yang bermanfaat?
- Bisakah itu diukur secara wajar?
- Dapatkah tim bisnis yang terkait dengan metrik memengaruhinya — dan apakah mereka berwenang untuk melakukannya?
35 Metrik Bisnis Utama untuk Dilacak pada tahun 2021
Langkah pertama adalah mengidentifikasi KPI yang paling penting untuk bisnis Anda. Langkah kedua adalah melanjutkan dan melacak KPI ini. Ada beberapa KPI dasar yang penting, jika tidak diperlukan, untuk setiap bisnis.
Metrik Penjualan untuk Dilacak
Metrik penjualan mengukur dan mengevaluasi kinerja dan aktivitas yang berhubungan dengan penjualan dari seorang individu, tim atau perusahaan selama periode waktu tertentu (misalnya, mingguan, triwulanan atau tahunan). Menganalisis metrik penjualan membantu mengidentifikasi apa yang berfungsi dan tidak, serta memberikan wawasan tentang tindakan yang harus diambil untuk meningkatkan kinerja penjualan. Berikut adalah beberapa metrik utama untuk dilacak dalam penjualan.
-
Pendapatan penjualan bersih: Pendapatan adalah sumber kehidupan perusahaan mana pun; itu faktor ke dalam setiap aspek pengembangan bisnis, terutama penjualan. Tergantung pada ukuran dan kematangan bisnis Anda, Anda mungkin ingin melacak beberapa jenis metrik pendapatan penjualan. Contohnya termasuk pendapatan berulang tahunan (mis., dari kontrak multiyears), pendapatan rata-rata yang dihasilkan per pengguna atau pelanggan, pendapatan menurut produk atau lini produk, pendapatan menurut wilayah atau pasar dan pendapatan yang dihasilkan per perwakilan penjualan. Rumus untuk masing-masing dan lebih banyak lagi tersedia di panduan metrik penjualan kami. Tapi di atas segalanya, pastikan untuk melacak pendapatan penjualan bersih. Rumus untuk menghitung penjualan bersih adalah:
Penjualan bersih = Penjualan kotor - Diskon - Pengembalian - Biaya yang terkait dengan diskon dan pengembalian
-
pencapaian kuota: Juga, ada banyak metrik yang berorientasi pada tujuan penjualan, tetapi pencapaian kuota mungkin yang paling universal. Apakah Anda ingin meningkatkan jumlah repetisi mencapai 100% dari kuota mereka? Mulailah dengan mempelajari berapa banyak yang sudah memiliki. Hasil dapat menunjukkan di mana Anda harus memusatkan upaya Anda. Apakah Anda mempertimbangkan apakah akan meningkatkan penjualan di wilayah atau pasar tertentu? Anda dapat memantau target ini dengan mengukur kinerjanya terhadap kuota. Rumusnya adalah:
Pencapaian kuota = Jumlah penjualan yang dicapai oleh perwakilan atau wilayah tertentu / Sasaran untuk perwakilan atau wilayah tersebut
Jika tujuannya adalah $10 juta dan perwakilan mencapai penjualan $9 juta, mereka mencapai 90% dari kuota.
-
Tingkat pertumbuhan: Pertumbuhan dari tahun ke tahun, yang juga mudah dihitung, merupakan indikator keseluruhan yang penting dari kesehatan bisnis Anda. Jika dibandingkan dengan tolok ukur industri, ini memberi tahu Anda seberapa baik atau seberapa buruk kinerja tim penjualan Anda dibandingkan dengan pesaing. Rumusnya adalah:
Tingkat pertumbuhan penjualan = (Pendapatan tahun berjalan – Pendapatan tahun sebelumnya) / Pendapatan tahun sebelumnya x 100
Jika penjualan Anda adalah $12 juta tahun ini dan $11 juta tahun lalu, tingkat pertumbuhan Anda adalah ($12 – $11) / $11 x 100, atau 9,09%.
-
Tingkat churn: Churn rate adalah persentase pelanggan yang membatalkan atau tidak memperbarui kontrak atau langganan mereka untuk layanan atau produk perusahaan. Metrik ini melintasi garis departemen:Untuk penjualan, itu mencerminkan kemampuan tim penjualan untuk mempertahankan pelanggan. Untuk keuangan, para pemimpin mengamati tingkat churn untuk melihat dampak potensial pada penjualan dan keuntungan perusahaan. Untuk bisnis Software-as-Service (SaaS), itu bisa berarti pelanggan naik atau turun dan, karena itu, pendapatan. Semua kekhawatiran ini dapat menimpa departemen pemasaran, juga, yang perlu mengevaluasi saluran dan kampanye yang berkinerja baik atau gagal. Tingkat churn yang meningkat dapat mengindikasikan masalah dengan penawaran perusahaan atau pendekatan layanan pelanggan, atau bisa juga berarti perusahaan kalah bisnis dari pesaing. Rumusnya adalah:
Tingkat churn = Jumlah pelanggan yang hilang selama periode / Jumlah pelanggan awal di awal periode x 100
Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan memulai Q3 dengan 5, 000 pelanggan dan mengakhiri Q3 dengan 4, 000 pelanggan, maka selisih jumlah pelanggan (1, 000) menunjukkan tingkat penghentian 20%.
-
Tanggapan pemimpin: Selain pencapaian kuota, Anda mungkin ingin melihat bagaimana dibutuhkan repetisi untuk menghubungi prospek baru. Waktu respons timbal dapat menjadi sangat penting dalam industri tertentu karena semakin cepat seorang wiraniaga menanggapi pertanyaan seseorang, semakin terlibat orang itu dan semakin besar peluang penjualan. Hitung lead time respon sebagai:
Waktu respons timbal = Jumlah waktu antara kontak prospek hingga respons perwakilan penjualan untuk semua kontak / Jumlah total prospek
Sebagai contoh, jika perwakilan penjualan diberikan 9 prospek dan merespons 5 prospek dalam 1 hari, 3 lead dalam 2 hari dan 1 lead dalam tiga hari, lead time respon adalah (5 x 1 + 3 x 2 + 1 x 3) / 9 =1,55 hari.
Metrik Pemasaran untuk Dilacak
Ada begitu banyak cara bagi bisnis untuk memasarkan dan mengiklankan produk atau layanan mereka — surat langsung, surel, situs web, media sosial — penting untuk mengetahui campuran apa yang paling berhasil. Mengadopsi metrik pemasaran utama membantu tim pemasaran Anda menentukan seberapa efektif metode dan salurannya dalam mendukung kesuksesan bisnis Anda.
-
Pengembalian investasi pemasaran (ROMI): ROMI sedikit berbeda, dan lebih sulit untuk menghitung, daripada kebanyakan metrik ROI karena berfokus pada keuntungan penjualan tambahan yang dapat dikaitkan dengan aktivitas pemasaran — atau lebih sederhana, keuntungan yang dihasilkan oleh bagian pemasaran. Ini dapat dihitung secara terpisah untuk setiap saluran pemasaran atau periklanan. ROMI dapat memberikan wawasan tentang nilai kegiatan pemasaran secara umum atau membedakan kinerja relatif dari saluran pemasaran dan kampanye yang berbeda. Rumusnya adalah:
Pengembalian investasi pemasaran = (Pertumbuhan penjualan – Biaya pemasaran) / Investasi Pemasaran x 100
Sebagai contoh, bayangkan Anda menginvestasikan $10, 000 dalam kampanye pemasaran email, yang menghasilkan $60, 000 dalam penjualan dengan margin 20%, dengan demikian menyumbang $12, 000 untuk keuntungan perusahaan. ROMI Anda untuk upaya ini adalah (60, 000 X .20 – 10, 000) / 10, 000) x 100 =20%
-
Biaya per prospek (CPL): Berapa biaya untuk mengidentifikasi, menarik, memenuhi syarat dan mempertahankan pelanggan? Menentukan berapa biaya setiap prospek akan membantu Anda mengalokasikan anggaran dengan tepat. Tetapi hanya karena saluran tertentu menghasilkan CPL yang lebih tinggi, tidak berarti Anda harus membatalkannya:Pelanggan tersebut mungkin benar-benar berkonversi pada tingkat yang lebih tinggi atau membelanjakan lebih banyak daripada yang diperoleh pelanggan melalui saluran CPL yang lebih rendah.
Biaya per prospek = Total pengeluaran pemasaran / Jumlah prospek baru
-
Biaya akuisisi pelanggan (CAC): Berapa biaya untuk mengubah prospek menjadi pelanggan? CAC harus memperhitungkan semua biaya pemasaran dan penjualan, dari gaji dan tunjangan staf hingga pengeluaran media. Yang terbaik adalah menghitung CAC untuk jangka waktu yang mencakup puncak dan lembah dalam bisnis Anda — satu tahun adalah standar.
Biaya akuisisi pelanggan = Total pengeluaran pemasaran dan penjualan / Jumlah pelanggan baru
Jika Anda menginvestasikan $1 juta dalam pemasaran dan penjualan dan mendapatkan 500 pelanggan baru, CAC Anda adalah $1, 000, 000 / 500 =$2, 000 per pelanggan.
-
Nilai seumur hidup pelanggan (CLV): Tidak ada gunanya mengetahui berapa biaya untuk mendapatkan pelanggan jika Anda tidak tahu berapa nilai patronase pelanggan itu. CLV adalah keuntungan yang diperoleh dari pelanggan selama mereka tetap menjadi pelanggan. Tetapi Anda tidak ingin melacak nilai pelanggan individual — Anda ingin rata-rata semua pelanggan, atau seperti kelompok pelanggan. Perhatikan bahwa ini berbeda untuk beberapa perusahaan, seperti yang akan menambah nilai dari referensi pelanggan atau pendapatan berulang.
Rumusnya adalah:
Nilai seumur hidup pelanggan = (Nilai transaksi rata-rata x Rata-rata jumlah transaksi dalam setahun x Rata-rata retensi pelanggan dalam beberapa tahun) x Margin keuntungan
Misalkan sebuah perusahaan dengan margin keuntungan keseluruhan 20% mempertahankan pelanggan rata-rata selama lima tahun. Perusahaan memiliki nilai transaksi rata-rata $100 dan setiap pelanggan melakukan 10 pembelian per tahun. CLV-nya =(100 x 10 x 5) x .20, atau $1, 000.
-
Retensi pelanggan: Mengetahui betapa mahalnya untuk mendapatkan pelanggan baru menunjukkan betapa pentingnya mempertahankan pelanggan yang sudah Anda miliki. Retensi pelanggan adalah persentase pelanggan lama yang bertahan selama periode waktu tertentu. Rumusnya adalah:
Retensi pelanggan = (Jumlah pelanggan pada akhir periode – Pelanggan ditambahkan selama periode) / Jumlah pelanggan pada awal periode
Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan memiliki 500 pelanggan pada awal tahun, menambah 50 pelanggan sepanjang tahun dan berakhir dengan 500 total pelanggan, itu akan memiliki tingkat retensi pelanggan (500 – 50) / 500, atau 90%.
-
Rasio traffic-to-lead situs web: Prospek yang memenuhi syarat penjualan (SQL) dari situs web Anda adalah seseorang yang tidak hanya mengetahui perusahaan tetapi cukup tertarik untuk memasukkan informasi tentang diri mereka sendiri di situs web untuk, Misalnya, melewati filter atau untuk mendapatkan buletin Anda. Rumusnya adalah:
Rasio lalu lintas situs web terhadap prospek = Jumlah prospek / Jumlah pengunjung situs web unik
Sebuah bisnis yang websitenya dikunjungi oleh 500 orang, 000 individu dalam sebulan, 5, 000 di antaranya dikonversi menjadi prospek, memiliki rasio traffic-to-lead sebesar 1%.
-
Tingkat konversi: Tingkat konversi adalah cara untuk mengukur persentase pengguna atau prospek pelanggan yang menyelesaikan tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian, mendaftarkan akun atau memulai uji coba gratis. Melacak metrik ini dapat membantu Anda merasakan seberapa baik strategi pemasaran Anda bekerja. Rumusnya adalah:
Tingkat konversi = (Konversi / Total pengunjung unik) x 100
Sebagai contoh, misalkan bisnis berlangganan menawarkan uji coba gratis ke 1, 000 pelanggan potensial secara total, dan 200 di antaranya memanfaatkannya. Tingkat konversi adalah (200 / 1, 000)x100, atau 20%.
-
Rasio pentalan situs web: Seperti tingkat konversi, metrik ini dapat membantu Anda melacak seberapa efektif strategi pemasaran Anda. Rasio pentalan melacak seberapa baik halaman arahan situs web menghasilkan minat pengunjung dengan menghitung persentase pengunjung yang masuk dan keluar situs sebelum melihat halaman lain dalam situs yang sama. Rumusnya adalah:
Tingkat bouncing = (Jumlah kunjungan situs yang mengakses hanya satu halaman / Jumlah total kunjungan situs) x 100
Jika sebuah situs memiliki 100, 000 pengunjung, dan 50, 000 dari mereka hanya melihat satu halaman, rasio pentalannya adalah (50, 000 / 100, 000)x100, atau 50%. Semakin tinggi rasio pentalan, semakin kecil kemungkinan situs tersebut menarik minat pelanggan. Tingkat bouncing yang rendah sangat ideal.
Metrik Keuangan untuk Dilacak
Untuk tim keuangan, metrik yang paling penting adalah metrik yang mencerminkan kesehatan keuangan bisnis. Lagipula, kelangsungan hidup perusahaan bergantung pada kesehatan keuangannya. Jadi, sebagian besar metrik keuangan menyangkut faktor-faktor seperti pendapatan, arus kas, piutang dan aset dan kewajiban — ada banyak metrik keuangan untuk dilacak.
-
Batas pemasukan: Juga dikenal sebagai garis bawah, laba bersih umumnya merupakan salah satu masalah keuangan terbesar bisnis. Ini juga merupakan titik awal yang penting untuk menghitung metrik utama lainnya, seperti margin laba bersih dan laba per saham. Karena mencerminkan total biaya bisnis dikurangi dari total pendapatan, laba bersih umumnya muncul di garis bawah laporan laba rugi perusahaan. Laba bersih dapat membantu menilai apakah pendapatan melebihi pengeluaran bisnis dan, jika begitu, seberapa banyak. Rumusnya adalah:
Pendapatan bersih = Total pendapatan – Harga pokok penjualan – Beban operasional – Beban lain-lain – Bunga – Pajak – Penyusutan dan Amortisasi
Pendapatan bersih berbeda dengan pendapatan kotor, yang hanya mengurangi biaya barang atau jasa yang dijual dari pendapatan.
-
Margin keuntungan bersih: Salah satu indikator terpenting dari profitabilitas bisnis, margin laba bersih mengukur berapa banyak laba aktual yang terjaring untuk setiap dolar pendapatan yang dihasilkan. Ini penting karena peningkatan pendapatan tidak selalu berarti peningkatan profitabilitas. Sebelum menghitung margin laba bersih, sebuah bisnis harus menghitung laba bersihnya. Rumus untuk margin laba bersih adalah:
Margin keuntungan bersih = (Pendapatan bersih / Total pendapatan) x 100
-
Marjin laba kotor: Tidak seperti margin laba bersih, margin laba kotor menunjukkan keuntungan perusahaan sebelum dikurangi bunga, pajak dan biaya operasional seperti sewa, utilitas dan upah. Margin laba kotor yang sehat memainkan faktor penting apakah suatu bisnis mampu menutupi semua pengeluarannya. Rumusnya adalah:
Margin laba kotor = (Pendapatan – Harga pokok penjualan atau jasa) / Pendapatan
-
Rasio saat ini: Untuk tetap sehat secara finansial, bisnis harus likuid dan mampu melunasi kewajiban keuangannya. Rasio lancar mengukur kemampuan perusahaan untuk melunasi kewajiban keuangan yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun dan dihitung sebagai rasio aset lancar terhadap kewajiban lancar. Aset lancar adalah aset yang diharapkan dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun (seperti piutang), sedangkan kewajiban lancar adalah kewajiban yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun (seperti utang usaha). Rumusnya adalah:
Rasio saat ini = Aset Lancar / Kewajiban Lancar
Umumnya, rasio lancar di atas 1,0 dianggap sehat. Rasio 2.0, Misalnya, menunjukkan bisnis memiliki aset lancar dua kali lebih banyak daripada kewajiban lancar. Namun, rasio lancar di atas 3,0 dapat menunjukkan bisnis tidak menangani modal kerja secara efisien. Perhatikan bahwa rasio saat ini hanya cepat, snapshot solvabilitas jangka pendek dan harus dihitung secara teratur.
-
Modal kerja: Semua bisnis membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, tetapi memiliki terlalu banyak uang tunai pada waktu tertentu berarti perusahaan membuang-buang kesempatan untuk berinvestasi dalam pertumbuhan di masa depan. Mengawasi modal kerja dapat membantu Anda menemukan cara untuk membebaskan uang tunai, menggunakan dana secara lebih efektif atau belajar mengurangi ketergantungan pada pendanaan dari luar, sambil mendapatkan pemahaman yang jelas tentang likuiditas bisnis. Rumusnya adalah:
Modal kerja = Aset Lancar – Kewajiban Lancar
-
Rasio perputaran piutang: Bisnis harus dapat secara efektif menagih dan mengumpulkan pembayaran dari pelanggan atau klien mereka. Rasio perputaran piutang mengukur seberapa efektif departemen piutang mengumpulkan hutang klien. Semakin tinggi rasionya, semakin baik perusahaan dalam mengumpulkan pembayaran, yang membuatnya lebih mungkin memiliki uang tunai untuk melakukan pembayaran sendiri atau berinvestasi dalam pertumbuhan. Rasio turnover yang lebih rendah dapat mengindikasikan pelanggan yang tidak likuid, pelanggan yang lambat membayar atau proses penagihan utang yang tidak efisien — berpotensi menghambat pertumbuhan bisnis. Rumusnya adalah:
Rasio perputaran piutang = Penjualan kredit bersih pada periode tertentu / Piutang rata-rata periode tertentu
-
Persentase tunggakan utang usaha: Tidak hanya penting untuk melacak piutang; itu juga kunci untuk memperhatikan hutang dagang. Persentase tunggakan hutang dapat mengindikasikan masalah arus kas — semakin banyak pembayaran yang lewat jatuh tempo, semakin besar kemungkinan bisnis mengalami kesulitan membayar pemasok, menunjukkan kebutuhan pendanaan atau strategi bisnis baru. Semakin rendah persentasenya, semakin baik perusahaan dalam membayar hutangnya tepat waktu.
Tingkat tunggakan utang usaha = (Utang dagang lewat jatuh tempo / Total utang dagang) x 100
Metrik SaaS untuk Dilacak
Banyak metrik SaaS penting yang tumpang tindih dengan metrik pemasaran dan penjualan utama. Sebagai contoh, tingkat churn, biaya akuisisi pelanggan, nilai seumur hidup pelanggan dan retensi pelanggan semuanya sangat penting bagi perusahaan SaaS, mengingat bahwa model bisnis berbasis langganan sangat bergantung pada mempertahankan pelanggan, tidak hanya mengakuisisi mereka. Metrik tambahan yang dapat memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk perusahaan SaaS meliputi:
-
Pendapatan berulang bulanan (MRR): Metrik utama untuk perusahaan SaaS, MRR pada dasarnya adalah ringkasan dari semua pendapatan yang Anda harapkan untuk diterima dalam sebulan. Untuk menghitung MRR, cukup tambahkan total pendapatan dari pelanggan yang membayar pada bulan tertentu. Namun, bisnis SaaS yang lebih kompleks umumnya perlu memperhitungkan perhitungan MRR tambahan. Sebagai contoh, itu adalah praktik yang baik untuk menghitung MRR akuisisi baru dalam sebulan, serta “ekspansi MRR” dari pelanggan lama yang meningkatkan akun mereka atau menambahkan fitur produk dan/atau pengguna baru, dan “churn MRR” — pendapatan bulanan yang hilang karena penurunan atau pembatalan. Melacak metrik MRR dapat membantu Anda lebih memahami perubahan pendapatan, seberapa baik kinerja tim penjualan dan apakah pelanggan puas atau tidak puas dengan layanan Anda.
MRR = Total pendapatan dari pelanggan yang membayar dalam bulan tertentu
Jika Anda memiliki 50 pelanggan yang membayar $50/bulan dan 50 pelanggan membayar $1, 500 sebulan, MRR Anda untuk bulan itu adalah (50 x $500) + (50 x $1, 500) atau $100, 000.
MRR baru = Jumlah total pelanggan baru dalam sebulan x Pendapatan yang dibawa oleh pelanggan baru dalam sebulan
Jika Anda telah menambahkan 50 pelanggan lagi dalam bulan tertentu, 25 di antaranya membayar $ 500/bulan dan 25 di antaranya membayar $ 1, 000/bulan, MRR baru untuk bulan itu adalah:(25 x $500) + (25 x $1, 000), atau $37, 500. Mendapatkan pelanggan baru adalah kunci pertumbuhan pendapatan.
Ekspansi MRR = Jumlah total pelanggan yang melakukan upgrade dalam sebulan x (Pendapatan baru – Pendapatan lama)
Jika 10 pelanggan meningkatkan dari paket $ 500/bulan menjadi $ 1, paket 000/bulan, MRR ekspansi Anda akan menjadi $5, 000, atau 10 x ($1, 000 – $500). Dengan kata lain, Anda telah meningkatkan pendapatan tanpa harus menambah pelanggan baru.
Aduk MRR = Jumlah total pelanggan yang membatalkan atau menurunkan x Pendapatan yang hilang
Jika tiga pelanggan membatalkan langganan $500 dan dua pelanggan menurunkan dari $1, paket 000/bulan ke paket $ 500/bulan, MRR churn Anda sama dengan (3 x $500) + (2 x $500), atau $2, 500. Churn yang signifikan menunjukkan bahwa pelanggan mungkin tidak puas dengan layanan Anda.
-
Pendapatan rata-rata per akun (ARPA): Juga dikenal sebagai pendapatan tahunan per unit (ARPU), ARPA mengukur pendapatan rata-rata yang dihasilkan oleh setiap akun, biasanya secara bulanan. Sangat penting untuk memiliki akses ke sistem penagihan atau akuntansi Anda untuk menghitung ARPA secara akurat. Pelacakan ARPA dapat membantu memberi Anda gambaran tentang bagaimana pendapatan Anda berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa bisnis SaaS mungkin melacak ARPA pelanggan jangka panjang dan membandingkannya dengan ARPA pelanggan baru untuk melihat apakah akuisisi baru memiliki preferensi pembelian yang berbeda, memberikan wawasan tentang bagaimana pelanggan menggunakan dan memahami produk Anda. Rumusnya adalah:
ARPA = MRR / Jumlah pelanggan pada bulan itu
Jika pendapatan rutin bulanan Anda adalah $100, 000 dan Anda memiliki 200 pelanggan, pendapatan rata-rata per akun adalah ($100, 000 / 200), atau $500.
-
Skor keterlibatan pelanggan: Skor keterlibatan pelanggan dapat membantu Anda memahami seberapa banyak dan seberapa sering pelanggan Anda terlibat dengan solusi SaaS Anda, seperti seberapa sering mereka masuk, seberapa sering mereka menggunakan alat dan fitur tertentu, untuk apa mereka menggunakan perangkat lunak dan banyak lagi. Sebagai contoh, jika pelanggan secara teratur mengunggah file dan menggunakan berbagai fitur sepanjang hari, mereka jauh lebih terlibat daripada pengguna yang hanya masuk sekali sehari untuk memeriksa pengingat atau peringatan. Dengan melacak keterlibatan pelanggan, Anda dapat memprediksi churn pelanggan dengan lebih baik dan proaktif dalam menciptakan solusi untuk mempertahankan pelanggan yang berharga.
Tidak ada satu rumus untuk menghitung skor keterlibatan pelanggan, jadi bisnis harus membuat model dan sistemnya sendiri untuk melakukannya. Buat daftar masukan atau tindakan yang memprediksi keterlibatan pelanggan, mungkin berdasarkan kebiasaan pelanggan jangka panjang. Kemudian nilai setiap masukan atau tindakan berdasarkan seberapa penting hal itu untuk retensi pelanggan dan tambahkan skor keterlibatan setiap pelanggan. Terus evaluasi sistem penilaian Anda untuk memastikan Anda memilih fitur yang tepat yang memprediksi retensi dan churn dengan tepat.
-
Skor Promotor Bersih (NPS): NPS memperkirakan kemungkinan pengguna akan merekomendasikan layanan Anda kepada orang lain. Ini sangat penting untuk bisnis berlangganan karena kesehatan keuangan mereka bergantung pada mempertahankan pelanggan sebanyak mungkin — dan, lebih disukai, membuat mereka meningkatkan dan/atau merujuk produk ke kolega dan teman. NPS biasanya diukur melalui survei satu pertanyaan kepada pelanggan:“Seberapa besar kemungkinan Anda merekomendasikan kami kepada teman atau kolega?” dengan skala 0 hingga 10 (di mana nol berarti mereka tidak akan merekomendasikan produk Anda dan 10 berarti mereka pasti akan merekomendasikan). Responden kemudian dikelompokkan ke dalam kategori berikut:
- pencela, atau responden yang menjawab dengan 0 sampai 6.
- pasif, atau responden yang menjawab dengan 7 atau 8.
- Promotor, atau responden yang menjawab dengan nilai 9 atau 10.
Menghitung:
NPS = Persentase promotor – Persentase pencela
Sebagai contoh, dari 100 responden survei, 20 adalah pencela, 50 adalah promotor dan 30 adalah pasif. NPS Anda akan menjadi 30 (50% – 20%).
Metrik Sumber Daya Manusia untuk Dilacak
Metrik sumber daya manusia dapat membantu menunjukkan kepuasan dan kinerja karyawan. Metrik ini umumnya melacak data yang terkait dengan pergantian karyawan, pengembangan dan keterlibatan, budaya perusahaan dan biaya pelatihan — semuanya dapat membantu Anda melihat tren dan dinamika tenaga kerja dan secara proaktif memecahkan masalah potensial, seperti kelelahan atau program pelatihan yang tidak efektif. Metrik SDM utama yang harus dilacak meliputi:
-
Tingkat pergantian karyawan: Setiap perusahaan akan kehilangan karyawan dari waktu ke waktu, tapi omzetnya lebih sedikit lebih baik. Tingkat turnover yang tinggi dapat mencerminkan masalah manajemen bakat, pekerja yang tidak bahagia atau pola perekrutan karyawan yang tidak layak untuk posisi mereka. Secara umum, tingkat turnover rata-rata antara 10% dan 20% tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jumlahnya bervariasi menurut bisnis dan industri. Tingkat perputaran yang lebih tinggi dari rata-rata industri menunjukkan bahwa pesaing mungkin lebih menarik bagi pemberi kerja. Perhatikan bahwa pergantian dapat bersifat sukarela atau tidak sukarela, dan penting untuk mengukur keduanya untuk melacak seberapa sering karyawan pergi atas kemauan mereka sendiri dan seberapa sering mereka diberhentikan. Beberapa bisnis juga dapat mengambil manfaat dari menghitung tingkat turnover untuk yang berkinerja tinggi.
Tingkat perputaran = (Jumlah pemisahan dalam periode tertentu / Rata-rata jumlah karyawan dalam periode) x 100
-
Pendapatan per karyawan (R/e): Terkadang dianggap sebagai metrik penjualan, pendapatan per karyawan penting dalam konteks SDM karena dapat membantu Anda membaca tentang produktivitas seluruh tenaga kerja Anda. Semakin banyak pendapatan per karyawan, semakin produktif suatu bisnis dan semakin besar kemungkinannya menggunakan sumber daya secara efisien — keduanya dapat secara langsung berhubungan dengan keuntungan yang lebih besar. Namun, pendapatan per karyawan akan sangat berbeda antar industri, jadi penting untuk hanya membuat perbandingan dengan bisnis yang serupa dengan bisnis Anda. Sebuah bank online, Misalnya, mungkin memiliki staf yang jauh lebih sedikit daripada jaringan bank fisik yang membutuhkan staf di setiap lokasi. Menghitung:
Pendapatan per karyawan = Total pendapatan / Jumlah karyawan saat ini
-
Skor promotor bersih karyawan (eNPS): eNPS adalah ukuran kepuasan karyawan yang efektif. Seperti NPS tradisional, eNPS menawarkan pendekatan standar untuk memahami bagaimana perasaan karyawan tentang perusahaan, menggunakan skala dari 0 sampai 10. Namun, eNPS mengukur kemungkinan bahwa seorang karyawan akan merekomendasikan perusahaan Anda sebagai tempat bekerja, atau kemungkinan mereka akan merekomendasikan produk Anda kepada keluarga atau teman. Lagi, skor 0-6 adalah pencela yang tidak mungkin untuk merekomendasikan, 7-8 adalah pasif dan 9-10 adalah promotor yang kemungkinan besar akan merekomendasikan perusahaan Anda. Rumusnya adalah:
eNPS = Persentase promotor – Persentase pencela
-
Pengeluaran pelatihan per karyawan: Perusahaan harus melacak biaya pelatihan untuk melihat apakah mereka mendapatkan laba atas investasi mereka. Sebagai contoh, perusahaan dengan rasio turnover tinggi mungkin berinvestasi lebih banyak dalam melatih karyawan daripada pendapatan yang dihasilkan karyawan sebelum mereka meninggalkan perusahaan. Demikian pula, melacak biaya pelatihan di samping produktivitas dan profitabilitas karyawan dapat membantu bisnis menentukan apakah strategi pelatihan efektif. Rumusnya adalah:
Pengeluaran pelatihan per karyawan = Total biaya pelatihan / Jumlah total karyawan
-
Rasio jalur karir: Metrik ini membantu melacak rasio promosi vertikal dengan transfer lateral. Ini penting bagi karyawan dan bisnis. Jika perusahaan ingin mempromosikan kepuasan kerja jangka panjang, karyawan umumnya membutuhkan ruang untuk tumbuh dan mempelajari keterampilan baru, apakah itu melalui promosi vertikal atau melamar kepindahan lateral. Untuk perusahaan, berpaling ke dalam untuk menemukan bakat bisa lebih hemat biaya daripada perekrutan. Melacak rasio jalur karir dapat membantu perusahaan mengukur mobilitas karyawan. Rumusnya adalah:
Rasio jalur karir = Total promosi / (Total promosi + Total transfer)
Nilai di atas 0,7 menunjukkan lebih banyak promosi vertikal, artinya organisasi mungkin menjadi terlalu "berat" dan harus mulai memperluas peran secara lateral. Nilai di bawah 0,2 menunjukkan lebih banyak transfer lateral, menunjukkan tidak cukup karyawan yang dipersiapkan untuk promosi.
Metrik Bisnis Lainnya untuk Dilacak
Untuk memberikan gambaran tentang volume metrik bisnis yang tersedia, berikut adalah beberapa metrik tambahan yang dapat berguna untuk C-suite, tim inventaris, perusahaan manufaktur dan departemen bisnis dan industri lainnya.
-
Pendapatan vs. perkiraan: Eksekutif dan manajer tingkat atas lainnya dapat memperoleh manfaat dari metrik pemantauan yang mencerminkan kesehatan bisnis secara keseluruhan, seperti membandingkan pendapatan aktual dengan pendapatan yang diperkirakan. Metrik ini dapat membantu eksekutif melihat apakah kinerja perusahaan sesuai dengan harapan atau kurang. Jika pendapatan aktual jauh dari harapan, eksekutif harus bertindak untuk mencari tahu apa yang menyebabkan pemutusan hubungan. Untuk mengukur varians, perusahaan dapat menggunakan rumus ini:
Persentase Varians = ((Aktual – Prakiraan) / Aktual) x 100
-
Tingkat perputaran persediaan: Metrik keuangan penting untuk perusahaan manufaktur dan ritel, tingkat perputaran persediaan melacak berapa kali perusahaan menjual dan mengganti persediaannya selama periode tertentu. Semakin tinggi nilainya semakin bagus, karena itu berarti perusahaan menyimpan lebih sedikit persediaan — dan menyimpan persediaan itu mahal. A higher number also generally indicates healthy demand. Namun, if a high inventory turnover rate is accompanied by lost sales due to item unavailability, the company is probably running too lean. The formula is:
Inventory turnover rate = (Cost of goods sold / Average inventory) x 100
-
Scrap: Measuring scrap, or waste, is a key metric for manufacturing teams. Secara khusus, scrap measures the amount of rejected or unusable manufactured items, usually due to manufacturing defects. Scrap can’t be reworked and may not be recyclable. Depending on the materials used to produce an item, scrap can either be measured as volume, weight or individual units. The formula is:
Scrap = (Total scrap units, volume or weight / Total product run in units, volume or weight) x 100
The less scrap, the more effective the manufacturing process.
-
Return on assets (ROA): ROA calculates the per-dollar profit a company makes on its assets and is used to assess profitability. This is a particularly important metric for the banking industry because bank assets largely consist of money that is loaned, making cash flow harder to analyze than other types of businesses. The formula is:
Return on assets = Net income / Total assets
The higher the ROA, the more efficient a company is with its assets. Namun, it’s important to note that bank ROAs generally hover around 1% — which is still considered a healthy number for the industry. This is because banks often have more debt than equity.
-
Average support ticket resolution time: A key metric for customer service departments, average support ticket resolution time tracks how long it generally takes to resolve support tickets. Although response time is also important, resolution time is a better metric because a short resolution time typically will indicate quick responses as well. Support teams should strive to have fast resolution times in order to keep customers satisfied.
It’s useful to continually track resolution time metrics in a chart over time. Any spikes can be investigated — perhaps a team member was on vacation, or it took time to patch a software bug.
-
Customer satisfaction: Like employee satisfaction, customer satisfaction is critical to a successful business. One way to measure customer satisfaction is through a CSAT, or customer satisfaction, scale. These are typically simple questions that follow up on a single customer experience:“On a scale of 1 to 10, how satisfied were you with X experience?” with 1 being extremely unhappy and 10 being extremely happy. Businesses then add up all the scores and divide that figure by number of respondents to arrive at a customer satisfaction value. The higher the number, the more satisfied customers are with the experience. Findings can be used to address potential issues or reinforce effective practices.
Tracking Business Metrics With ERP
As businesses grow, they need to track more and more business metrics to ensure they achieve high performance over the long term. At a certain point, an ERP solution such as NetSuite ERP will play a leading role in helping the organization stay on top of the metrics that are most important. Because ERP systems contain data that spans a company’s core business operations, they make it easier to generate real-time metrics, often through visual dashboard formats tailored to each executive. This empowers teams to track important metrics, absorb their meaning rapidly and intervene, as needed, in real time. Sebagai contoh, by sending an alert when inventory falls below a particular level, a manager can issue a purchase order before a stockout nears, thus proactively improving inventory turnover rate.
Juga, by organizing and improving business processes, ERP solutions make it easier for a company to deliver products or services more effectively and efficiently. Improvements of this kind can generate satisfied and loyal customers, which grows the bottom line, the ultimate goal of any business.
Business metrics help companies track such things as revenue growth, average fixed and variable costs, break-even points, cost of selling goods, contribution margin ratio and profits. They provide a means of measuring business or departmental activities or tasks over a given period of time and reflect the ways different departments within a company interact with and affect each other. Choosing the right metrics, and choosing the right number of metrics, is important to the long-term success of any growing business.
#1 Cloud ERP
Perangkat lunak
Business Metrics FAQ
What are key metrics in business?
Key metrics in business are the numbers you track to make sure your business is doing as well as it can. They help businesses achieve goals and determine where improvement is needed.
How are metrics used in business?
Business metrics help companies track things such as revenue growth, average fixed and variable costs, break-even points, cost of selling goods, contribution margin ratio and profits. They provide a means of measuring business or departmental functions over a given period of time and reflect the ways different departments within a company interact with and affect each other.
What are the 5 key performance indicators?
Opinions differ and vary from one business to the next, but many agree that five of the most important KPIs include sales revenue, customer acquisition costs, customer churn, customer engagement and customer satisfaction.
What is an example of a business-related measurement?
Examples of business-related measurements include metrics like sales quota attainment or net profit margin. Sales quota attainment measures whether salespeople are meeting their sales quotas, which can directly affect a business’s bottom line. Net profit margin measures how much actual profit each dollar of revenue yields, which is particularly important because revenue increases may not always translate into increased profitability.
Strategi bisnis
-
Apa itu Analisis Dampak Pemangku Kepentingan?
Analisis dampak pemangku kepentingan atau analisis pemangku kepentingan mengacu pada penggunaan alat dan teknik analitis untuk menganalisis pengaruh keputusan bisnis terhadap pemangku kepentingan. ...
-
Apa Jenis Bisnisnya?
Ada berbagai jenis bisnis yang dapat dipilih saat membentuk perusahaan, masing-masing dengan struktur dan aturan hukumnya sendiri. Khas, Ada empat jenis bisnis utama:Kepemilikan Tunggal Kepemilikan Tu...